Cara Mengaktifkan Adapter Host-Only VirtualBox di PC Linux

Assalamualikum Wr.Wb

Oracle VM VirtualBox adalah software virtualisasi, yang berfungsi ketika seseorang inggin melakukan uji coba dan simulasi installasi suatu system tanpa harus menghapus system yang telah tertanam pada pc.

Itulah sedukit deskripsi tentang apa itu virtualbox. Sekarang permasalahanya  pada saat saya menggistall system operasi MikroTik pada VirtualBox biasanya saya menggunakan dua adapter network yaitu adapter1 saya pakai Bridged Adapter dan adapter2 saya pakai Host-only Adapter. tetapi pada saat saya setting adapter2 muncul peringatan "No Host-only Network Adapter is Currently Selected" seperti gambar dibawah ini.

 

Mungkin permasalahan ini terjadi karena saya menggunakan system operasi linux pada pc saya dan saya belum pernah menggunakan virtualbox pada pc linux. kemudian saya cari solusinya di google dan saya mendapatkan solusi sebagai berikut:

Pada tampilan virtualbox klik file lalu pilih Preference atau dengan kombinasi tombol Ctrl+G lalu akan muncul tampilan Setting seperti di bawah ini.


Pilih Network dan klik pilihan Host-only Network


Klik icon + (Add Host-only Network (ins)) pada bagian kanan tampilan


Kemudia akan muncul tamppilan loading, tunggu sampai selesai lalu akan Network akan muncul dengan sendirinya yaitu vboxnet0


Untuk mengatur ip address pada Host-only Network klik dua kali pada vboxnet0 lalu atur ip sesuai dengan subnet yang sesuai kemudia klik ok pada semua tampilan setting


Hasilnya Adapter2 sudah bisa digunakan


Sekian dari saya dan terima kasih, Wassalamualikum Wr.Wb

2 comments:

  1. Kalau di preference nya ga ada tab only-host adapter, yg ada cuma NAT gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau download virtual box versi 5.1, kayanya veri yang terbaru nggak ada tab host networknya

      Delete

Powered by Blogger.