Cara Membuat Vlan Di Debian 8


Assalaamuaalaikum Wr.Wb

Pada hari ini saya aka bebagi cara untuk bagaimana membuat vlan di Debian 8. Mungkin teman - teman biasa membuat vlan dari Mikrotik dan sealigus sebagai ruter tetapi kali ini saya mengunakan Debian sebagai ruternya dan pastinya untuk Vlan akan saya buat di Debianya. Baiklah kita mulai tutorialnya tapi sebalum kita muali kita baca dulu di bawah ini.

A. Pengertian
Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.
Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain. Dengan VLAN, kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team.

B. Latar Belakang
Pada topologi yang saya gunakan saya menggunakan PC router yang mengunakan system operasi Debian yang tersambung ke PC Proxmox dan RB Mikrotik maka dari itu untuk menjalankan VM pada PC Proxmox saya harus membuat VLan untuk koneksi dari VM ke jaringan yang saya gunakan untuk lebih jelasnya lihat topologi di bawah.

C. Tujuan Dan Manfaat

E. Alat Kerja
1 unit PC / Laptop
1 unit RB 750
1 unit PC Router debian
1 unit PC Proxmox

F. Topologi


G. Langkah Kerja
 1. Pertama-tama install dulu VLan nya dengan perintah seperti di bawah ini


  2. Kemudian ketikan seperti di bawah ini
#modprobe 8021q

 catatan:
   8021q adalah standar VLAN trunking protocol yang ditetapkan oleh IEEE.

 3. Tambahkan kata "8021q" ke /etc/modules secara permanen sehingga apabila kita restart tidak akan hilang. Dengan perintah seperti di bawah ini
#echo "8021q" >> /etc/modules



  4.  kemudian masuk ke konfigurasi interfacenya di /etc/network/interface dengan peritah seperti di bawah ini
#nano /etc/network/interfaces

  5. Kemudian kita tambahkan interface vlan nya berserta ip address dan netmask dengan cara seperti di bawah ini

auto eth1.2403
iface eth1.2403 inet static
     address (isikan IP address yang akan anda gunakan)
     netmask (isikan netmask ip yang anda gunakan)

Catatan:
  eth1 adalah interface ethernet yang akan di ditambahkan vlan.
  2403 adalah vlan tag atau vlan ID



H. Hasil
Pada PC Proxmox gunakan vlan tag yang sudah kita buat


kemudian ping ke goole.com mengunakan VM


I. Kesimpulan
Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.

J. Referensi
http://www.pengertianpengertian.com/2013/10/pengertian-ieee-8021q.html
https://blog.sleeplessbeastie.eu/2012/12/23/debian-how-to-create-vlan-interface/
http://www.sibro21.org/2016/04/cara-membuat-vlan-di-debian-jessie-8.html

No comments

Powered by Blogger.