Cara Membuat Virtual Machine di Proxmox VE

Assalamualikum Wr.Wb

Hy kawan-kawan pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat virtual Machine di Proxmox

Pengertian
Proxmox VE adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. untuk lebih jelasnya silahka klik disini

Lalu dikutip dari wikipedia Virtual Machine (VM) adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

Alat kerja
1 unit laptop/komputer sebagai client
1 unit komputer proxmox
media transmisinya saya memakai wifi yang sudah terhubung ke router dan ke pc proxmox

Cara membuat VM (Virtual Machine) di Proxmox

Hubungkan laptop/komputer client ke komputer proxmox dan pastikan telah terhubung dengan cara ping, lalu buka web browser dan ketik pada uRL https://ipproxmox:8006 misalkan saya mengunakan ip proxmox saya https://192.168.20.2:8006 lalu tekan enter


Kemudian akan muncul tampilan This Connection is Untrusted maka klik I Understand the Risks untuk membuka peringatan yang terhiden lalu klik Add Exception



Kemudian akan muncul tampila seperti gambar di bawah klik Confirm Security Exception untuk melanjutkan



Klik Create VM pada pojok kanan atas untuk membuat VM baru


kemudian muncul tampilan Create:Virtual Machine pada tab General isikan nama dan VM ID, pada VM ID harus dibuat berbeda pada setiap VM.


pada tab OS pilih jenis OS yang akan kita install. Pada tab ini saya memilih Linux 4.x/3.x/2.6 kernel


Pada tab CD/DVD masukkan file .iso yang akan diinstall, sebelum memasukkan file tersebut pastikan kita sudah mengupload file tersebut dan pada storage isikan local lalu klik next untuk melanjutkan.


Pada tab Hard disk, isikan besaran hardisk pada Disk Size sesuai dengan kebutuhan dan space hardiak Proxmox.


Pada tab CPU isikan cores sesuai dengan yang dibutuhkan dengan ketetuan 1 cores hanya dapat dipakai untuk 1 VM apabila komputer proxmox anda mempunyai 4 cores maka VM yang dibuat bisa mencapai 4 VM.


Pada tab Memory isikan besaran memory yang akan kita pakai, tetapi jangan memakai semua sisakan untuk Proxmox kita. Pada Proxmox memori yang di pakai minimal 1 GB untuk menjalankan proses.


Pada tab Network, karena saya menggunakan VLAN untuk pada jaringan yang menghubungkan komputer Proxmox saya dengan mikrotik saya pilih Bride Mode pada VLAN Tag saya isikan VLAN ID yang sudah saya buat di router saya kemudian klik Next untuk melajutkan.

Pada tab Confrim berisi semua daftar yang kita masukkan saat membuat VM tadi, teliti semua daftar tersebut sepaya tidak ada yang keliru. Kemudia klik Finish untuk mengakhiri langkah membuat VM.


sekian dari saya, Wassalamulaikum Wr.Wb

No comments

Powered by Blogger.